Senin, 15 Maret 2010

sNAp ShOt

Cuaca kemaren pas, cerah, cukup panas.. biasanya sore mau turun hujan. tapi gak peduli, waktu-waktu seperti ini pas buat foto.. gak tau kenapa panas matahari siang itu sedikit terhalang mendung jadi cahaya ruang pas banget.. pas banget ada temen yang paling gak bisa ninggalin foto, ambil camera kesayanganku di tas pinggang, click and one, and two.. jadinya kayak gini dah.

sedikit bagi-bagi, mumpung ada model he3x.. nyobain trik foto close-up, dengan tata cahaya, n sedikit seni foto grafi..
pertama, yang musti disesuaikan adalah model, fotografer, n sumber cahaya.. nah klo foto ni dari sudut foto grafernya gak kena cahaya sama sekali alias ngupet di tempat gelap. nah klo modelnya jangan sampe kena cahaya langsung alias cuma kena pantulannya ajah..
sebenernya poin pentingnya adalah mengatur si model agar menghadap kefotografer dan menghadap cahaya dengan porsi yang pas, gimana posisi yang pas itu..? perhatikan bayangan2 yang terlihat pada model, seperti membentuk mendetailkan tekstur model, seperti baju, dan wajah.., nah perhatikan foto berikut ini, teksur wajah, kerudung, badan yang dibentuk oleh bayangan.



nah walopun gak begitu bagus seperti karya fotografer profesional, setidaknya kemampuan pocket camera gak kalah ma kamera DSLR dengan sedikit trik dan cara penggambilan foto. he3x
sedikit cerita tentang kamera yang dipake yaitu canon seri powershoot A400, yang pada waktu itu pada brosurnya terletak pada rating paling bawah. mode shoot : scene (foliage), exp 0, superfine, macro, awb, auto focus, 09:00AM.
photoshoped.

nah buat pecinta fotografi, gak perlu bersedih hanya karena belum punya kamera DSLR, asalkan paham karakteristik dari kamera yang kita punya, n belajar lebih tentang fotografi.. yakin deh, hasil jepretan gak ngaruh ma jenis kamera. selamat mencoba..

lanjutan...


Tidak ada komentar: